2013-02-11

Cara menentukan jumlah karakter dalam form isian with Javascript

Sebelum membahas Cara menentukan jumlah karakter huruf dalam form isian dengan Javascript alangkah setianya anda jika menyempatkan mendengarkan ocehan saya ini terlebih dahulu ^_^ . Beberapa waktu lalu saya disibukkan dengan ulah para pemasang iklan baris yang notaben-nya gratis diperuntukkan para blogger yang ingin meningkatkan trafik jumlah pengunjung blog mereka melalui pasang link posting iklan baris, tapi apalah daya kita sebagai manusia pada dasarnya memang memiliki watak (rasa) males dalam menyempatan waktu untuk membuat sebuah kalimat yang unik dan menarik dan alhasil hanya kata-kata pelit (hanya sedikit kata) yang dikirimkan kedalam post iklan dan itu bisa dianggap SPAM oleh mesin pencari ( search engine ) dan itu akan menjadi sebuah kerugian bagi pemasang iklan karena sudah capek2 nyempatin ketak-ketik keyboard meski pelit (sedikit) tetapi iklan yang mereka submit tidak diindeks oleh mesin pencari karena dianggap SPAM CONTENT dan tentunya bagi pemilik media iklan baris juga merugi karena websitenya danggap website murahan ^_^ oleh mesin pencari ...

Oke sekian dulu cuap-cuapnya dan sekarang kita kembali kedalam pokok pembahasan yaitu Cara menentukan jumlah karakter dalam form isian dengan Javascript. Langsung saja akan saya berikan kode script-nya dibawah ini
<script type=""text/javascript""> var count0 = 0; function wordcount0() { var cnt0 = document.myForm.judul.value; var words0 = cnt0.length; if(words0 < count0){ cnt0 = cnt0.substring(0,count0); document.myForm.judul.value =cnt0; return false; } document.myForm.w_count0.value = count0+words0; } </script>
Pertama-tama anda copy kode script javascript diatas dan letakkan (paste) kedalam bagian head template web / blog anda tepatnya diantara tag <head> dan </head> . Kemudian pada tag Form anda jangan lupa tambahkan kode name="myForm" lebih jelasnya seperti contoh berikut ini
<form name="myForm">
Selanjutnya Text Form Input anda tambahkan perintah
onkeyup="wordcount0(this.value)"
dan untuk menampilkan jumlah karakter dalam angka bisa anda buat Form Input yang bersifat Read Only (hanya bisa dibaca & dilihat tanpa bisa melaukan sesuatu) sebagai berikut
<script type=""text/javascript"">document.write("<input type=text name=w_count0 value="+count0+" size=1 readonly>");</script>
Agar anda bisa memahaminya akan saya berikan kode script contoh form agar bisa anda praktekkan sendiri dan memahaminya berulang2, karena saya sendiri melakukan hal tersebut jika mendapatkan suatu totrial baru dari hasil browsing. Nih dia contoh script Form-nya
<form name="myForm"> <input type="text" id="judul" onkeyup="wordcount0(this.value)" /><script type=""text/javascript"">document.write("<input type=text name=w_count0 value="+count0+" size=1 readonly>");</script>Karakter </form>
Dan mengenai cara mengimplementasikan menentukan batasan jumlah karakter huruf yang anda inginankan bisa menggunakan bahasa pemprogaman PHP atau melalui javascript itu sendiri dengan cara membuat perintah limit function, Tapi itu akan saya bahas dilain waktu nanti.. Semoga paham dan berhasil yachh ^_^ kalau masih bingung dan kesulitan bisa tinggalkan pesan dibawah ini.. Dadaaaaa ^_^ Oiya untuk contoh demo FORM nya bisa anda lihat di http://ex-iklan.blogspot.com pada bagian form input iklan barisnya.
Selengkapnya...

2012-12-20

cara mengetahui waktu terakhir kunjungan google_boot kehalaman website / blog kita

Wahhhh panjang amat judulnya yachh,, hiihihhi.. tapi ga apa-apa itung itung eksis didunia perbloggeran lagi dengan meningkatkan intensitas update blog dengan posting-posting tutorial yang mungkin bermanfaat untuk anda atau tepatnya khalayak ramai.. Oke kali ini saya akan membahas cara mengetahui kapan waktu terakhir google_boot melakukan indexing ke halaman website atau blog kita.. Untuk kali ini saya hanya memberikan referensi link yang menyediakan fasilitas monitoring aktivitas google boot....
Sedikit flashback mengenai website mypagerank.net ini yang tak lain adalah penyedia fasilitas gratis ini. Dahulu kala sekitar tahun 2006-2007-an pas masih aktif-aktifnya ngeblog di blogger blogspot saya sudah sering menggunakan salah satu fasilitas dari situs tersebut diantaranya adalah widget counter google pagerank yaitu widget atau gatget untuk blog kita yang berfungsi untuk mengetahui ranking berapa blog atau website kita dimata google.com (mong-omong sudah pernah saya tulis di blog ini belum yach,, lupa saya.. hiihihhi) Okeh saya stop cuap-cuapnya biar nggak pada kabur duluan karena kelamaan ngoceh ngalor-ngidul-ngetan-ngulon..hihhii. Nih dia lin nya http://www.mypagerank.net/service_gbla_index Seperti biasa jika ada kejanggalan dan atau mungkin ada uneg-uneg yang mau disampaikan bisa dituliskan melalui kota komentar dibawah ini,, maturnuwunnn Selengkapnya...

2012-12-16

Cara menampilkan total pageviews (halaman dilihat) pada wordpress

Hai sob lama tak jumpa di dunia perbloggeran yachhh, hehehe. kali ini saya akan memberikan tepatknya mau sharing mengenai cara memasang atau menampilkan jumlah total pageview atau jumlah halaman posting dibaca pada blog yang menggunakan engine wordpress.. loh kok ga biasanya yach.. kalo biasanya memposting artikel tentang blogger blogspot tapi kali ini beda dari biasanya.. hehehehe.. Oke memang awalnya saat saya membuat blog tutorial ini khusus membahas tentang blogger blogspot, tapi itu dulu.. karena waktu itu pas kebetulan yang saya tau mengenai blogger blogspot tepatnya menggunakan bahasa pemrogaman html. Dan setelah dipikir-pikir ga ada salahnya kalo mengembangkan ide ke tutorial wordpress hehehe...

Oke gak lama lama lagi akan aku berikan script berbasis PHP yang akan digunakan untuk mengesekusi dan menampilkan pages view count.. Nih dia scriptnya :
<?php // function to count views. function setPostViews($postID) { $count_key = 'post_views_count'; $count = get_post_meta($postID, $count_key, true); if($count==''){ $count = 0; delete_post_meta($postID, $count_key); add_post_meta($postID, $count_key, '0'); }else{ $count++; update_post_meta($postID, $count_key, $count); } } // function to display number of posts. function getPostViews($postID){ $count_key = 'post_views_count'; $count = get_post_meta($postID, $count_key, true); if($count==''){ delete_post_meta($postID, $count_key); add_post_meta($postID, $count_key, '0'); return "0 View"; } return 'Dilihat '.$count.' kali'; } // Add it to a column in WP-Admin add_filter('manage_posts_columns', 'posts_column_views'); add_action('manage_posts_custom_column', 'posts_custom_column_views',5,2); function posts_column_views($defaults){ $defaults['post_views'] = __('Views'); return $defaults; } function posts_custom_column_views($column_name, $id){ if($column_name === 'post_views'){ echo getPostViews(get_the_ID()); } } ?>
Copy dan taruh kode scrip PHP diatas pada file function.php pada blog engine wordpress anda, kemudian simpan.. Selanjutnya anda copy kode script PHP dibawah ini kemudian letakkan atau tepatnya paste didalam file single.php pada blog anda
<?php echo getPostViews(get_the_ID()); ?><?php setPostViews(get_the_ID()); ?>
Untuk penempatan atau tata letak terserah anda.. Semoga membantu yach bagi yang newbie, seperti saya ini.. Jangan lupa kalau ada masalah atau kebingungan anda bisa menanyakan dan meninggalkan pesan dibawah ini, sebisa mungkin akan saya bantu semampu saya.. gud lakkkk..
Selengkapnya...

2012-11-15

Hosting Indonesia Super Murah At Domosquare [dot] Com

Setelah sekian lama saya memakai jasa hosting domosquare.com tepatnya sekitar +4 tahun lamanya saya berlangganan domain dan hosting hingga akhirnya saya mengeluarkan sedikit uneg-uneg positif mengenai domosquare.com . Yah benarsekali kali ini saya akan menceritakan asal usul riwayat mengapa saya hingga menggunakan jasa hosting ini sebegitu lamanya. Awal mulanya pada tahun 2007-an saya berselancar didunia maya dan menemukan situs yang memberikan review kepada sebuah hasil karya dibidang IT yang tak lain adalah hasil karya anak bangsa indonesia ini yaitu pembuatan software pemblokir situs porno yang waktu itu sempat mendapatkan penghargaan dari Pak Menteri (entah menteri apa waktu itu namanya *_* saya lupa, hehehe) ...
Kembali ke topik pembicaraan mengenai review produk hosting. Jujur saya menggunakan jasa hosting domosquare.com lebih bersifat ke personalnya, yaitu rasa salud saya kepada owner yang tak lain teman chating di yahoo messenger saya ^_^ (sebatas kenal kawan chating waktu itu) hingga sekarang jadi pelanggan setianya. Sooo,, dengan ini saya mencoba memberikan review. Nih dia Bannernya n cekidoott

Selama saya menjadi pelanggannya tak pernah ada kendala mengenai support dan bantuan karena kebetulan YM saya connected dengan YM owner-nya n So pasti gak nunggu lama jika ada trouble di website saya entah itu kesalahan dari saya pribadi atau dari sistem hostingnya tapi yang pasti kebanyakan kesalahan berasal dari human error yg tak lain saya sendiri ^_^ hehehe dan itupun dibantu olehnya.. Melalui media ini jika anda kebetulan jadi pelanggan Domosquare.com n mempunyai masalah pada website atau blog anda jangan segan-segan untuk meminta bantuan pada team support-nya atau bisa menghubungi saya dan akan saya bantu jika saya mampu ^_^ Jika ada uneg-uneg boleh ditinggalkan lewat post komentar dibawah yach... maturnuwunn ^_^
Selengkapnya...

 
Close [X] .
dua langkah bikin widget recent post generator blog anda
mau bikin kayak gini, caranya klik disini